Pedoman Penulis

Wajib Paham, dan Menjadikan Catatan Berikut Sebagai Pedoman

SEJAK tanggal 1 Januari 2021 Redaksi Inside Magz menerbitkan kategori khusus pembaca yang mau berkontribusi di website kami, domain inmagz.id. Inside Magz menerima artikel atau karya tulis kategori Fiksi dan Nonfiksi.

Dalam penerbitan artikel yang diterima, Kru Redaksi Inside Magz sudah menyediakan rubrik/kategori di domain utama hingga subdomain—inMagz .id.

Masing-masing dua jenis karya tulis yang dimaksud adalah:

  1. Fiksi
  • Cerita Pendek (Cerpen).
  • Cerita Lucu / Folklore / Dongeng Rakyat.
  • Puisi dan atau Pantun.
  1. Nonfiksi
  • Pariwisata (tulisan tentang objek wisata yang dalam orientasi pengembangan wisata daerah demi kepentingan publik, bukan bisnis pribadi).
  • Lingkungan (artikel menyangkut lingkungan, baik darat maupun laut).
  • Komunitas publik (bukan tentang komunitas tertentu yang digagas dengan orientasi kelompok tertentu secara bisnis).
  • Seni & Budaya, Esai, Resensi, Tokoh Sastra (nonpolitik), Kearifan Lokal.

 Perlu Diketahui:

Tulisan nonfiksi yang diterima Redaksi Inside Magz yang tidak mengandung isu SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan), tidak bermuatan politik demi kepentingan golongan, dan harus menggunakan kata/kalimat yang beretika sebagaimana ketentuan/hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

Untuk artikel Fiksi tidak ada pembatasan spesifik secara maksimal, secara minimal sebagaimana fiksi pada umumnya. Jika naskahnya dianggap panjang maka Kru Redaksi memiliki kebijakan untuk menerbitkan secara bersambung (part / part).

Kru Redaksi memiliki hak penuh terhadap koreksi kata, kalimat hingga makna dari karya yang diterima. Kru Redaksi berhak penuh dalam penentuan setiap artikel yang akan diterbitkan maupun tidak diterbitkan, termasuk membatalkan dan atau meralat artikel yang sempat tayang.

Kru Redaksi akan menginformasikan kepada pemilik artikel bila artikelnya sudah diterbitkan. Informasi dikirim melalui system replay aplikasi pengirim. Tapi kebijakan me-replay ini tidak berlaku pada karya Lucu, Pantun dan atau yang hanya bersifat menghibur sekejap.

Lampiran Wajib:

Setiap pengiriman artikel, pengirim wajib melampirkan kartu identitas yang dianggap sah oleh Negara:

  1. Foto diri (untuk ditampilkan di artikel diterbitkan)
  2. Foto Kartu Tanda Penduduk (fotonya harus jelas/terbaca)
  3. Nomor NPWP (kalau ada)
  4. URL akun pribadi Social Media (Facebook, Instagram Twitter dan lain sebagainya)

Kebijakan dan keputusan lain akan diambil oleh Kru Redaksi Inside Magz bila dianggap perlu dan menyangkut kepentingan serta kebijakan Redaksi.

Agar Mendapatkan Penghasilan

Dalam program ini Kru Redaksi memberi ketentuan khusus kepada pengirim artikel yang ingin mendapat penghasilan tambahan dalam bentuk rupiah. Karya yang mendapat imbalan:

  1. Cerpen (fiksi/nonfiksi)
  2. Tentang pariwisata, seni & budaya / kearifan lokal, dan lingkungan.
  3. Minimal Words: 350.
  4. Lolos setelah melalui meja editor, dan
  5. Tetap jangan lupa melampirkan tanda pengenal sebagaimana sudah diuraikan sebelum paragraph ini.
  6. Scan dan foto (lakukan kedua-duanya) surat pernyataan bahwa artikel terkait adalah karya pribadi bukan hasil copy paste milik orang lain, dan bertanda tangan di atas materai 6000. Ini Demi mencegah perkara hukum tentang plagiat, Bro.
  7. Lampirkan nomor HaPe yang konek WA atau Telegram.

Catat: kalau dapat chat WA dari Kru Inside Magz, jangan terlalu banyak Tanya ya, karena kalau lambat direplay atau tidak ter-replay, pasti maraju.

Masing-masing artikel yang diterbitkan akan dihargai Rp100.000.  jadi, dana yang 100 ribu itu mau diambil sekarang? 

Hak milik atau hak cipta dari artikel yang dikirim serta terbit di Inside Magz murni dan tetap milik Anda. Untuk diketahui bahwa inside magz memiliki beberapa subdomain selain domain utama, dan domain mitra/partner/afiliasi.

E-mail pengiriman: inmagz2017@gmail.com